Kamis, 15 November 2012

SPORT JURNALISTIK

-->
Perkembangan media massa di Indonesia sudah sangat maju dari waktu kewaktu. Dengan banyaknya media media masa yang bermunculan seperti televisi, surat kabar, majalah dan media cetak lainya. Namun terdapat sisi positif dan negatif dari kebebasan pers sekarang ini. Dari sisi positifnya dalam media TV maupun surat kabar menyediakan berita-berita yang memang patut untuk diketahui masyarakat Indonesia. Media massa sebagai sumber informasi yang mudah di dapat. Jika kita lihat di TV, salah satu program yang bermanfaat adalah yang memperbincangkan seputar masalah politik, pendidikan, dan olahraga yang disalurkan melalui berbagai stasiun televisi.Misalnya saja di “TV One” dan “Metro TV” yang menyediakan program tersebut.Hal ini menimbulkan efek yang bagus terhadap Bangsa, dapat menambah wawasan secara langsung.
Selain pada media TV, pers dalam surat kabar juga memiliki sisi positif yaitu dengan mencantumkan berita yang layak dibaca dan yang memberikan informasi positif kepada para pembaca. Sebut saja dalam “Kompas”, yang didalamnya mengabarkan berita olahraga dan lain sebagainya.Ini sangat memberikan manfaat bagi anak Bangsa karena memberikan wawasan yang lebih luas dan mencerdaskan anak Bangsa. Dan masih banyak lagi berita lain yang membawa pengaruh positif terhadap karakter Bangsa, namun tidak sedikit pula yang sebaliknya.
Olahraga lebih dahulu dikenal manusia dibandingkan media massa. Menurut sejarah, bangsa yunani dan romawi sangat menggemari olahraga, dan dari sanalah awal perkembangan olahraga sampai kemudian menyebar dan berkembang ke seluruh dunia. Media massa berkembang kemudian, seiring dngan perkembangan peradaban dan peningkatan kebutuhan manusia untuk saling berkomunikasi mengatasi batas ruang dan waktu. Kini, media massa sudah beragam jenisnya dan menyebar penggunanya diseluruh dunia. Manusiamemetik buah manis dari hasil daya krasinya. Karena keduanya sangat bermanfaat bagi kehidupan menusia penemunya.
Pada perkembangan selanjutnya, keduanya sangat melekat dengan kehidupan manusia, sehingga ia tak dapat dipisahkan darikehidupan manusia sehari-hari. Manusia memiliki ketergantungan yang tinggi kepada keduanya, tanpa kehadiran keduanya manusia akan kehilangan satu penggerak denyut nadi kehidupan manusia. Keduanya memiliki posisi yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Oleh karenanya, pertautan media massa dengan olahraga tidak pernah lepas dari amatan manusia, terutama para pakar sosiologi olahraga.
Media massa dan olahraga memperoleh keuntungan dan kerugian dari hubungan yang terjadi antarkeduanya. Media massa diterima secara luas oleh pelanggannya, karena ia menyiarkan acara-acara olahraga. Olahraga mempunyai pendukung dan penonton fanatik, karena ia diberitakan oleh media massa. Walaupun demikian, kadang-kadang olahraga harus menganggung suatu masalah yang timbul karena pemberitaan media massa. Dengan kata lain, seperti dikatakan oleh coakley (1994: 334-335), bahwa terdapat hubungan resiprokal antara media massa dan olahraga, keduanya saling berpengaruh terhadap yang lainnya, dan keduanya saling tergantung atas kesuksesan komersial dan popularitas yang diraihnya.
Dalam perkembangan akhir-akhir ini, olahraga angat sering menjadi objek pemberitaan media masa. Media massa menjadi pihak yang aktif dan banyak mendapatkan keuntungan dari hubungan yang sedang berlangsung, sedangkan olahraga, tampaknya, menjadi pihak yang pasif. Dengan demikaian, wajar apabila ada pendapat yang menyatakan bahwa keberadaan olahraga mendapatkan banyak pengaruh dari pemberitaan dan penanyangan media massa.
Dengan demikian, dampak siaran media massa terhadap olahraga sepenuhnya sangat bergantung kepada olahraga sendiri. Olahrga harus pintar-pintar memanfaatkan memanfaatkan keberadaan media massa tanpa terpengaruh secara negatif oleh kehadiran media massa. Akan lebih baik, apabila olahraga mengambil keuntungan dari kehadiran media massa.
Media massa adalah refleksi dari masyarakat. Media massa adalah agen penting dari perubahan sosial, dan jenis tertentu perubahan sosial mereka diharapkan untuk membantu capai dalam transisi ke kebiasaan baru dan praktek, dan dalam beberapa kasus, hubungan sosial yang berbeda. Sebagai hasil dari semua perubahan perubahan yang signifikan dalam sikap individu, keyakinan, keterampilan dan norma-norma sosial dapat terjadi. Sebelum adanya radio, media massa hampir tidak bernapas tapi dengan semua perkembangan teknologi media massa terus berkembang, dalam berbagai arah.
Individu yang berbeda selektif dalam cara bahwa mereka membiarkan media massa mempengaruhi kehidupan mereka. Sebagai contoh, jika seseorang memutuskan untuk membaca buku mereka mendapatkan untuk menentukan apa aspek media massa yang mereka konsumsi. Buku yang paling individu media massa. Tapi ketika seseorang menonton televisi itu tidak pribadi seperti membaca buku, televisi dibangun ke dalam masyarakat.
Penekanan Television komersial dan hiburan baik mencerminkan dan mempengaruhi sifat hedonistik dan serakah Amerika kontemporer.

Pemanfaatan Media Massa di Bidang Olahraga 
Pada zaman dimana informasi sudah menjadi unsur dominan dalam kehidupan saat ini, media massa memegang peranan penting dalam menyebarkan dan menyampaikan informasi kepada masyarakat, informasi yang disampaikan kepada masyarakat dikemas melalui berita. Setiap hari masyarakat disuguhkan dengan berbagai macam berita seperti berita olahraga , baik dari luar negeri maupun dari dalam negeri. 
            Kabar di dunia olahraga sangatlah beragam, khususnya pada bidang Sepak bola yang saat ini sedang mendunia. Kabar tersebut sangatlah dibutuhkan oleh para pecinta bola, siapapun para pecinta bola pasti ingin mendapatkan kabar informasi tentang tim atau kabar lainnya yang disukai. Tentunya media massaini menjadi jembatan dimana pecinta bola ingin mendapatkan informasi sepak bola.
            Contohnya disini ada Tabloid atau surat kabar yang khusus memberitakan tentang berbagai cabang-cabang olahraga,terutama sepak bola. Tabloid Bola adalah salah satu media informasi olahraga yang saat ini digunakan para usia dini sampai usia tua untuk mendapatkan kabar terbaru dari bidang olahraga khususnya sepak bola luar negeri maupun dalam negeri. Dalam pemanfaatan media massa yang berupa tabloid ini, para pencinta sepakbola di manjakan oleh kabar-kabar terbaru, dimulai dari pemain-pemain baru sampai ke hasil pertandingan sepak bola. 




1 komentar:

  1. tecate titanium (10,000 - Titanium Art) - The Art of Titanium - The
    TITNIA microtouch titanium TITAN ART - TOOTH - TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA titanium density TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA used ford escape titanium TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA microtouch titanium trim walmart TITNIA TITNIA TITNIA titanium tent stakes TITNIA TITNIA TITNIA TITNIA

    BalasHapus